Sejarah Prodi PTB UNS

Sejarah berdirinya Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) tidak lepas dari sejarah pendirian Perguruan Tinggi Negeri Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kala itu di tahun 1966, Universitas Nasional Saraswati bermaksud mengajukan dirin untuk menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Kota Surakarta. Niat baik itu disambut hangat oleh Menteri Pendidikan. Kemudian Universitas Nasional Saraswati beserta universitas swasta dan kedinasan lainnya bergabung menjadi satu kesatuan universitas baru bernama Universitas Gabungan Surakarta (UGS). Pada 1 Juni 1975 UGS resmi didirikan bersama delapan universitas lainnya, meliputi: STO Negeri Surakarta, PTPN Veteran Surakarta, AAN Saraswati, Universitas Cokroaminoto, Universitas Nasional Saraswati, Universitas Islam Indonesia cabang Surakarta, Universitas 17 Agustus 1945 cabang Surakarta, dan Institut Jurnalistik Indonesia Surakarta.

Tak berhenti sampai disitu. Untuk menjadi perguruan tinggi negeri di Kota Surakarta, UGS kemudian akan digabung dengan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta lainnya yang meliputi: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri, Sekolah Tinggi Olahraga, Akademi Administrasi Niaga Negeri yang sudah diintegrasikan ke Akademi Administrasi Niaga Negeri di Yogyakarta, Universitas Gabungan Surakarta, Fakultas Kedokteran P. T. P. N. Veteran cabang Surakarta.

Akhirnya pada tahun 1976, terbentuklah PTN di Kota Surakarta dengan nama “Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret”. Sejak tahun 1977, UNS memiliki kampus induk terpadu di Kentingan, Jebres, Surakarta seluas + 60 ha yang diperoleh dari Walikota Surakarta melalui Surat Keputusan Walikota Surakarta tanggal 18 Oktober 1976 nomor 238/Kep/T3/1976. Dalam perkembangannya, pada tahun 1982 nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Surakarta (UNS Sebelas Maret), ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret yang disingkat UNS. Perubahan nama dan singkatan ini diresmikan dengan Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982.

Prodi PTB merupakan salah satu Program Studi yang bernaung di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). FKIP sendiri merupakan salah satu fakultas yang dibentuk dari peleburan dua fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Keguruan (FKG) berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 39/DIKTI/1984. FIP dan FKG dahulu merupakan fakultas yang bernaung di bawah IKIP SURAKARTA sebelum dilebur ke dalam Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret.

FKIP membentuk beberapa jurusan berdasarkan rumpun keilmuan yang salah satunya adalah Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan. Jurusan PTK FKIP UNS ini menjadi tempat bernaung Prodi PTB bersama Prodi kejuruan sejenis, yaitu Pendidikan Teknik Mesin.

Sejak tahun 1976/1977 kedua prodi tersebut telah menerima mahasiswa jenjang Sarjana Muda (BSc). Mulai tahun akademik 1979/1980, jenjang sarjana muda dihapus dan kedua prodi tersebut mulai menerima mahasiswa jenjang Strata satu (S1).

Pada tahun 2012, UNS diberikan mandat untuk membuka Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer sehingga program studi di bawah Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan menjadi tiga program studi.

Pada tahun 2015, sesuai dengan perubahan SOTK UNS maka fungsi Jurusan dihilangkan sehingga secara struktur semua program studi kependidikan langsung berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.