You Are Here: Home » AKADEMIK » Jalur Penerimaan

Jalur Penerimaan

Universitas Sebelas Maret (UNS Solo) dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang pesat menuju World Class University, baik dalam kancah percaturan perguruan tinggi di Indonesia maupun dalam penilaian standar perguruan tinggi secara internasional. Universitas Sebelas Maret (UNS) membuka awal tahun 2015 dengan menempati peringkat 6 universitas terbaik di Indonesia versi webometrics dari rangking web of universities. Melalui website utama uns.ac.id, pada edisi Januari 2015 ini naik 2 peringkat setelah sebelumnya UNS menempati urutan ke-8 pada edisi Juli 2014. Dengan penilaiaan yang sama, UNS menempati urutan 1223 univeritas terbaik di antara 25 ribu universitas di dunia. Edisi Juli 2014 lalu, webometrics menempatkan UNS di urutan 1383 yang berarti pada edisi Januari 2015 ini naik 160 peringkat.

Kondisi ini menunjukkan bahwa UNS telah mulai mampu bersaing di tataran nasional dan internasional. Capaian peringkat universitas ini, akan lebih memacu pelaksanaan program strategik UNS dalam Delapan Keunggulan Pengembangan, dengan penerapan budaya kerja UNS Active (Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Team Work, Integrity, Visionary, dan Entrepreneurship).

Pada tahun 2016 ini UNS membuka pendaftaran mahasiswa baru.
Program Sarjana  melalui:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  3. Seleksi secara mandiri melalui Ujian Masuk Perguruan Tinggi (UMB-PT).

Sebagai perguruan tinggi papan atas di Indonesia, UNS peduli pada mahasiswa yang breprestasi tetapi kurang mampu dengan memberikan beasiswa lebih dari 4.477 mahasiswa pada tahun 2011 dan telah tersalur dana sekitar 20 milyar rupiah yang bersumber dari dana UNS Solo dan kerjasama dengan lebih dari 20 institusi pemberi beasiswa baik dari kalangan swasta maupun pemerintah, diantaranya berasal dari beasiswa Bidik Misi untuk 1.020 mahasiswa tahun angkatan 2012.

Beasiswa :

  1. UNS peduli pada mahasiswa yang berprestasi tetapi kurang mampu.
  2. UNS telah berhasil menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi bagi kurang lebih 5.000 mahasiswa per tahun yang bersumber dari Pemerintah serta hasil kerja sama antara UNS dengan lebih dari 24 instansi pemberi beasiswa baik negeri maupun swasta, dari dalam maupun luar negeri diantaranya Bank Indonesia, Bank Mandiri, PT Wijaya Karya, Yayasan Supersemar, dll.
  3. Pada tahun 2014 UNS memberikan beasiswa Bidik Misi untuk 1.316 mahasiswa.

Copyright © 2016 Pendidikan Teknik Bangunan. All Right Reserved. Powered By ICT Center FKIP UNS, Design By Anwar

Scroll to top