You Are Here: Home » PROFIL PTB » Sejarah

Sejarah

Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan merupakan salah satu program studi yang dimiliki oleh Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan (JPTK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Jurusan PTK FKIP Universitas Sebelas Maret berasal dari Fakultas Keguruan Teknik (FKT) IKIP Negeri Surakarta.

IKIP Negeri Surakarta digabung dengan beberapa perguruan tinggi swasta di Surakarta menjadi Universitas Gabungan Surakarta (UGS). Selanjutnya Universitas Gabungan Surakarta diresmikan menjadi universitas negeri pada tanggal 11 Maret 1976 dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 10 tahun 1976 tertanggal 8 Maret 1976 bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret dan disingkat UNS.

Universitas Sebelas Maret mempunyai sembilan fakultas, dua diantaranya adalah Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Keguruan (FKG). Pada tahun 1984 melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 39/DIKTI/1984, kedua Fakultas tersebut digabung menjadi satu, dan bernama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, selanjutnya disingkat FKIP UNS. Dengan digabungnya kedua Fakultas tersebut, jurusan-jurusan yang ada statusnya berubah menjadi program studi, sehingga program studi yang ada di FKIP UNS berjumlah 22. Ke-22 program studi tersebut dikelompokkan berdasarkan kedekatan jenis keilmuannya menjadi 6 kelompok atau jurusan.
Salah satu dari 6 jurusan tersebut adalah jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan (JPTK), yang terdiri dari 3 program studi yaitu Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTM) dan Program Studi Teknik Informatika.

Sejak tahun 1976/1977 kedua program studi tersebut telah menerima mahasiswa jenjang Sarjana Muda (BSc). Mulai tahun akademik 1979/1980, jenjang sarjana muda dihapus dan kedua program studi tersebut mulai menerima mahasiswa jenjang Strata satu (S1).

Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan beralamat di jalan Ahmad Yani No. 200 Pabelan, Kartasura Kampus V Pabelan FKIP UNS Surakarta. Pada saat ini Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di pimpin oleh ketua program studi yaitu Ernawati Sri Sunarsih S.T., M.Eng. Saat ini status akreditasi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan adalah B.

Copyright © 2016 Pendidikan Teknik Bangunan. All Right Reserved. Powered By ICT Center FKIP UNS, Design By Anwar

Scroll to top